Saturday, October 8, 2011

Kampanye Ala Kadarnya

Posted by » Nabila Sumargono at Saturday, October 08, 2011
Oke, temen-temen, masih dalam suasana malam minggu yang mengharu biru #apadeh. Malam ini aku ganti foto profil loh. Aku ganti dengan gambar segelas air. Jernih banget airnya.
Sedikit cerita, aku suka air. Alasannya mungkin sama dengan semua orang, air itu membantu kita di kehidupan. Buat minum, buat mandi, buat nyuci, deskripsinya kurang lebih sama lah. I love many things about water. Gelembung air, embun, hujan.
Embun, kalau pagi-pagi kamu keluar, kamu pasti, eh insya Alloh, bakal nemuin embun di mana-mana.
Hujan. Pas lagi hujan, enak banget suasananya, momentnya cocok buat istirahat. Ngga enaknya kalo pas lagi di luar, atau pas lagi pengen keluar. Tapi hujan tuh menunjukkan kepasrahan. Maksudnya gini, hujan, walaupun lagi musimnya, kalo ngga ditakdirkan turun, ya ngga bakal turun. Tuh, hujan aja bisa pasrah. Kita juga cuma bisa pasrah nungguin hujan, ngeliatin hujan atau pasrah kehujanan.
Aku seneng banget kalau dengar suara gelembung air yang biasanya muncul pas lagi nuangin air. Klutuk klutuk klutuk.. gitu. Lebih seneng lagi kalau bisa liat gelembungnya. Suara air di keran, sungai, air terjun, wah rasanya nyess, adem di hati. Mungkin itu sedikit banyak disebabkan  kelegaan karena masih bisa punya air bersih. Atau bisa juga karena ya, menganggap air itu kehidupan, lebay, eh tapi bukan sirik.
 
Sebenarnya pemilihan gambar untuk foto profil itu ada misinya juga. Kalian tau kan kalau saat ini kita lagi ngalamin masa-masa yang sedikit sulit. Air bersih mulai kritis keberadaannya. Saat dunia membutuhkan, ia menghilang… (Hayah, hari gini masih ngomongin Avatar). Alhamdulillah di rumah air masih lancar, ngga ada kabar kesulitan air dari kampung halaman. Di kosku air tetap lancar juga, alhamdulillah. Padahal jarak seratus dua ratus meter sudah banyak tetangga yang mulai kesulitan air bersih. 

Bisa ngebayangin ngga sih kalau ngga ada air? Haus karena ngga bisa minum, panas dan gerah karena mandi cuma sehari atau seminggu sekali, kepala gatel karena ngga bisa sampoan,dan nyuci! Parah lagi tanpa air, kayaknya sulit banget menjaga kesucian, betul. Selama ini masalah kesucian kan kita mengandalkan air. Haduuh.. ini disebabkan kemarau yang mampir ngga kira-kira. Hujan ngga dikasih lewat! Padahal aku rindu loh suara hujan dan bau tanah yang abis kena hujan.

Ngomong-ngomong, air sekarang bukan barang bebas kan ya? Sekarang air adalah barang ekonomi. PDAM, pabrik-pabrik air minum dalam kemasan juga rata-rata “mengambil keuntungan” dari alam. Beli a*ua lima ratus perak aja cuma dapet segelas. Padahal kebutuhan air untuk tubuh kita minimal 8 gelas perhari kan. Itu cuma buat minum aja. Belum mandi dan nyuci yang jelas-jelas butuh buanyak air untuk menjaga kebersihan dan kesucian.


Trus kita musti ngapain nih? Hemat air! Kalau kamu punya kebiasaan ninggalin keran air terbuka pas lagi sikat gigi atau cuci muka di wastafel, sebaiknya hilangkan deh kebiasaan itu. Lumayan airnya kalo dikumpulin. Trus, biasakan juga menghabiskan minuman yang ada dalam gelas. Pengalaman nih, dulu suka boros air. Aku ambil air minum yang banyak di gelas, sampai hampir penuh, tapi ngga aku abisin. Eeh, sama ibu dibuang. Kan airnya uda kecampur sama debu , kotor, kata ibu. Sedikit-sedikit sih kayaknya biasa aja, tapi efeknya baru kerasa pas lagi ngga punya air minum, nyesel pernah buang air minum. Aku bisa ngomong seperti itu karena aku juga dulu pernah melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk itu.
Selain itu apa lagi nih yang harus kita lakuin? Kasih saran dong! Pokoknya Selamatkan Air di Indonesia! Di dunia juga deh!

0 Comments:

Post a Comment

 

IncrediBila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review