Thursday, April 26, 2012

Kere tapi Kece: Cost of Neighborhood

Posted by » Nabila Sumargono at Thursday, April 26, 2012
Beberapa hari yang lalu,aku dicegat sama seorang ibu-ibu yang kutahu beliau tinggal di sebelah rumahnya Mas Janggan - Mba Ana. Eh, bukan sih, sebenernya Mas Janggan – Mba Ana yang tinggalnya di sebelah rumahnya ibu-ibu itu. Hayah! Nah loh, perasaan aku nggak pernah ngusilin jemurannya si ibu deh. Kok aku dicegat yah?


“Eh, mbak, maaf ya,” katanya, aku mulai berpikir yang enggak-enggak, ngapain ibu ini minta maaf, aku kan ga salah, eh maksudku, ibu itu kan ga salah.

“Mbak mau beli baju nggak? Baju atasan gitu. Bisa dicicil kok, ya ada yang seratus, ada yang seratus dua puluh” Kata si ibu.


“Oh, ibu jualan baju ya? Mmm…” kataku sok excited, menyenangkan hatinya orang kan boleh-boleh aja, “insya Allah ya bu. Tapi nggak sekarang mungkin. Ibu namanya siapa?”


“Saya ibu Rahma.”

“Saya Ufa, bu” balasku, dan mendadak aku mikir, si ibu tadi ga nanya namaku deh.


“Yaudah mba, kapan-kapan main ke rumah ya.”


 Sebenernya, ya aku seneng juga, akhirnya aku bisa berinteraksi dengan tetangga sekitar. You know lah, selama ini aku cuma akrab sama Bu Susi (Susi itu nama anaknya, ibunya sendiri aku gak tau namanya siapa), ibu-ibu yang jualan nasi uduk dan suka ngasih bala-bala gratis dan ngasih kortingan. Sama tetangga yang rumahnya nempel pun aku gak pernah bicara. Sekali dua kali aku senyum sama bapaknya. Tapi kalo sama ibunya hampir gak pernah. Kalo gak pura-pura gak ngeliat, si ibu biasanya langsung masuk rumah kalau kami keluar rumah ketika berangkat kuliah. Ya mungkin usahaku yang kurang buat ngedeketin mereka.


Nah, tadi sore, abis beli beras di warungnya Monik, tiba-tiba aku dicegat sama Bu Rahma.


“Gimana, mbak? Mau liat-liat dulu?”


Aku berpikir cepat, nggak ada salahnya, kan, kalo aku main ke rumahnya. Ya, berbuat baik sama tetangga kan ibadah juga. “Mmm, boleh deh bu.”


Singkat kata aku uda ada di ruang tamunya dan melihat baju-baju yang ditawarkan. Bajunya bagus-bagus sih, maksudku bagusnya buat ibu-ibu! Bukan buat akuuuuwh!


Oh, iya, ada kemeja kotak-kotak juga sebenarnya, lumayan... buat aku kayaknya cocok tuh. Aku memikirkan kemungkinan aku beli di ibu Rahma. Ya, anggap aja cost of neighborhood gitu. Biar akrab dengan tetangga. Dan pas aku buka, toret toreeet… waduh, bajunya tipis banget. Sore-sore aja nerawang. Apalagi kalo siang hari. Dan harganya? Seratus tiga puluh. Sorry to say, menurutku gak worthy banget dengan pakaiannya yang menerawang itu.


Terus aku bilang sama beliau kalau aku gak cocok dengan warnanya. Aku bilang aku suka warna pink, bukan item. Yah, blablabla akhirnya aku pulang ke kos.


Di kos, aku cerita dengan temen-temen soal kejadian tadi. Lengkap. Semuanya. Trus komentar mereka, “Ya kamu jangan bilang kalo suka warna pink. Dicariin sama ibunya, kamu mesti beli deh”


Oh iya yah. kenapa tadi aku bilang kayak gitu? Coba kalo tadi aku langsung bilang kalo bajunya nerawang. Kali aja sama ibu Rahma bakal dicariin baju yang agak tebel gitu. Jadi, aku bisa beli dagangan beliau, dan hatiku nggak berat-berat amat mengeluarkan cicis untuk itu.

Ah.. yaudah lah.  Memang ada kalanya kita butuh mengeluarkan cost of neighborhood tadi. So, kayaknya bulan depan aku harus menyisihkan beberapa rupiah untuk cost of neighborhood itu deh. Kalo niatnya baik, ada pahalanya juga kan, insya Allah. Hee…


0 Comments:

Post a Comment

 

IncrediBila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review