Monday, April 2, 2012

Neuro-Linguistic Programming: Sebuah Perkenalan

Posted by » Nabila Sumargono at Monday, April 02, 2012

Neuro-Linguistic Programming? Apa itu? Sebuah metode untuk cari kenalan baru? Tidak juga. Tapi, well, you should try this NLP somewhere ketika berkenalan dengan seseorang.

Kalau kamu bertanya padaku, apa itu NLP, aku tak terlalu yakin bisa menjawab. Tapi barangkali aku bisa memberitahumu sedikit ilmu yang kudapat dari Kelas NLP SekolahStrategi Indonesia Jilid II Sabtu lalu yang dibawakan oleh Pak Darmawan Aji, founder NLP for Everyone.



Menurut pemahamanku yang terbatas ini, NLP itu satu pendekatan yang memudahkan para terapis, coach, motivator, someone like that, ketika melayani kliennya (aduh bahasanyaa). Ini berkaitan dengan bagaimana kita mengendalikan pikiran, tutur kata, dan sikap yang ternyata berhubungan dengan aktivitas syaraf tubuh kita sehingga menghasilkan ‘sesuatu’ yang diharapkan. Nah, ‘sesuatu’ di sini bisa bermacam-macam.
NLP memiliki empat pilar utama. Pilar-pilar tersebut adalah sebagai berikut.
(1) Tujuan
Sebelum kita melakukan sesuatu, kita harus tahu apa tujuan kita melakukan hal tersebut. Begitu pula dalam menerima/melawan segala tantangan yang ada di hadapan kita, tanyakan pada diri sendiri, “Apa tujuanku melakukan semua ini?”
(2) Tindakan
Setelah menetapkan tujuan, laksanakan! Act, act, act. Bangun dan laksanakan rencana yang akan mengantarmu pada tujuan itu.
(3) Kepekaan (terhadap Hasil)
Setelah segala tindakan, daya upaya, dan rintangan telah dilewati, cobalah untuk melihat, apakah hasil yang terjadi mendekati pada tujuan atau malah semakin menjauh. Kalau semakin mendekati pada tujuan, lanjutkan saja. Tapi kalau semakin menjauh dari tujuan, agaknya kita lebih baik banting setir deh. Ciptakan tindakan baru yang menuju tujuan kita!
(4) Fleksibilitas
Nah, dengan kepekaan terhadap hasil yang kita miliki, kita perlu bersikap fleksibel. Menurut Pak Aji, planning itu bukan manual yang harus dipatuhi. Kita bisa, kok, mengubah rencana di tengah perjalanan seandainya diperlukan.
Sepertinya obrolan kita sudah mulai menarik, bukan?
Oke, sekarang kita stop dulu, ya! Waktunya berangkat ke masjid untuk solat Magrib! :)

0 Comments:

Post a Comment

 

IncrediBila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review