Friday, September 9, 2011

Bad Mood? Engga Mauuuu..

Posted by » Nabila Sumargono at Friday, September 09, 2011
Hati memang engga pernah bohong. Walau kita ingin selalu keliatan cheer up, bahagia, semangat, dan selalu ingin menyebar energi positif buat orang-orang di sekitar, kadangkala kita engga bisa mengelak dari yang namanya bad mood.


Bad mood, ada banyak alasan untuk bad mood. Kemauan yang engga dituruti, engga punya duit, PMS mungkin (Pre-Menstruation Syndrome, cewek only), and so on. Seperti aku saat ini. Curhat dikit gapapa kali, ya. Liburan yang terlalu lama ini sejujurnya menjengkelkan. Ini karena aku engga punya kegiatan untuk menghabiskan waktu. Kalau pekerjaan rumah seperti beres-beres, nyapu, ngepel sudah kulakukan, setelah itu aku cuma bengong. Lebih sering sih online berjam-jam sampai mata sakit, lalu tertidur begitu aja, lalu bengong lagi sambil menunggu waktu tidur tiba.

 
Apa akibatnya kalo bad mood? Wah, banyak juga. Jadwal jadi kacau, pekerjaan yang ingin/sedang kita lakukan jadi engga maksimal. Bisa jadi kita mengorbankan orang lain. Mereka yang barangkali ada kepentingan dengan kita jadi merasa engga enak untuk bicara. Mereka jadi melihat betapa menyeramkannya kita. Iya lho, orang bete tuh wajahnya mengkerut jadi terlihat jelek dan menyeramkan. Yang lebih parah lagi kalo timbul korban (dalam arti yang sebenarnya). Misal, ketika kita kesal, piring, gelas, semua yang di dapur dilempar. Atau orang-orang di sekitar kita kena marah kita. Kan kasian.

Terus gimana biar kita engga bad mood? Aku kasih tau satu rahasia ya, bahkan untuk pertanyaan ini aku nanya sama Mbah Google. Nah, lho, sampe segitunya kan. Jangan khawatir, aku sudah merangkum wejangan dari si embah. Mirip-mirip dengan artikel yang pernah kutulis dulu sih, Gudbay STRESS!!


1. Sadari bahwa anda sedang mengalami badmood.
- This is what I'm doing, hehe. Sadar sangat kalo saat ini masih dalam suasana bad mood. Aku juga sadar bad moodku bikin adek-adek engga mau bicara denganku.
2. Tenangkan diri anda
- Sembahyang menurutku adalah solusi terbaik. Well, you know lah, berkomunikasi dengan Tuhan.
3. Selesaikan persoalan anda sesegera mungkin
- No comment, kurasa saat ini aku engga punya persoalan yang membelit. Atau mungkin aku lupa yah?
4. Bergerak, bergerak, dan bergeraklah
- Olahraga? Waduh, iya, kayaknya uda lama juga nih ga olahraga (tepok jidat)
5. Segarkan diri anda.
- Yang bikin segar physically sih mandi.Emotionally, mm.. jalan-jalan kali yah. Pantesan bete terus, jarang jalan-jalan sih
6. Jauhi amarah, pikiran dan emosi negatif lain.
- Susah, tapi insya Alloh bisa dicoba
7. Bergembiralah dengan teman-teman anda.
- I've tried this with my brothers and sisters. Sometimes it doesnt work, but.. it's fun when seeing their smiles.

8. Berusahalah untuk lebih menikmati hidup ini.
- Yah, seharusnya lebih banyak berusaha.


Itu bukan pakem, tapi kata orang-orang, "Ngga ada salahnya menvoba, kan?" Hal-hal sederhana lain seperti tidur, menangis, atau curhat dengan orang yang kita percayai juga bisa jadi alternatif penghilang bad mood. Tapi yang terpenting menurutku adalah berpikirlah positif. Berpikirlah bahwa kitalah yang bisa mengendalikan emosi kita. Jangan terlalu mudah berubah mood, dan jangan bangga disebut moody.
Say it loud: AKU BAHAGIAAAAA!!

SK, 9 September 2011
Hot Night in SK

0 Comments:

Post a Comment

 

IncrediBila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review