Wednesday, August 17, 2011

Playlist

Posted by » Nabila Sumargono at Wednesday, August 17, 2011
Siang tadi, masih dalam suasana hatiku yang buruk. Aku membantu ibu memetik kangkung di dapur. Ibu kemudian memutar musik dari ponselnya. Aku mendengarkan lagu tersebut, tapi tidak mengenal lagu apa dan siapa penyanyinya.
“Bu, ini lagu apa sih?” tanyaku.
Masih sambil memetik kangkung, kata ibu, “Harusnya Memilih Aku,”
“Yang nyanyi siapa?”
“Tere,”
Aku hanya ber-ooh saja. Begitu selesai, lagu lain diputar. Kembali aku tidak mengenal lagu tersebut dan kutanyakan lagi pada ibu. Ada lagunya Afgan, Lagunya Ungu featuring Andien.
“Ini kan soundtrack film, fa,” kata ibu lagi.
“Film apa?”
“Filmnya Ungu,”
Aku merasa jenuh mendengar lagu-lagu yang ibu putar. ingin sekali rasanya kuputar lagu-lagu Genesis dan Phil Collins. Lantas tanpa kupikir, aku berujar, “Ufa ngga suka lagu-lagu ini,”
Ibu pun berhenti. Terhenyak. Aku lantas merasa menyesal telah berkata seperti itu pada ibu. Tapi sejurus kemudian ibu tetap melanjutkan aktivitasnya. “Ah, ibu suka kok. Lagian lagu-lagu yang masuk playlist ibu kan udah melewati …emm,”
“Seleksi?” sambungku.
Ibu mengangguk.
Aku ikut mengangguk.
“Ufa ngga update sih bu, sama lagu-lagu Indonesia.” kataku, sedikit pembelaan—lebih tepatnya.
“Kamu di sana sibuk ya, Mbak?”
“Engga juga sih, masih tetep bisa nonton tivi kok. Ngga suka aja, bu. Phil Collins aja uda banyak banget. Uda cukuplah buat lahan, heheheh,” ujarku.
Ibu sepertinya mengerti kalau aku tidak menyukai lagu-lagu yang diputar. Beliau mematikannya.
Aku berhenti membersihkan ikan ditanganku, lalu berpikir. Sepertinya aku terlalu kasar tadi. Sebenarnya tidak apa-apa juga kan kalau aku ikut mendengarkan musik favorit ibu, walau tidak suka. Toh, ibu juga ikut mendengarkan lagu-lagu Phil Collins kala aku memutarnya. Walaupun tidak suka, setidaknya aku harus berusaha menerimanya.
Ya, lain kali aku akan menghormati kesukaan orang lain. Maaf ya, bu!

SK, 17 Agustus 2011
“On bended knee”

0 Comments:

Post a Comment

 

IncrediBila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review